SISTEM NAVIGASI DAN PENGHINDAR RINTANGAN PADA MOBILE ROBOT MENGGUNAKAN GPS DAN PENGUKUR JARAK ULTRASONIK

Rudy Dikairono, Tri Arief Sardjono, Lucas Yulianto

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, teknologi robot juga ikut berkembang. Salah satu perkembangan dalam teknologi robot adalah navigasi mobile robot. Sistem navigasi mobile robot ini memanfaatkan GPS dan kompas pada android sebagai penentu posisi dan arah, serta ultrasonik sebagai sensor pendeteksi rintangan. Android dihubungkan dengan mikrokontroler sebagai penghasil sinyal kontrol pada mobile robot menggunakan sistem komunikasi Bluetooth . Data dikirimkan melalui Bluetooth untuk dikonversi menjadi suatu sinyal kontrol kemudi pada motor. Implementasi dari sistem yang dibuat menghasilkan mobile robot yang dapat bergerak secara otomatis menuju titik yang telah ditentukan oleh user. Data kontrol kemudi yang diberikan adalah belok kanan, belok kiri dan maju lurus dengan dua level kecepatan yakni lambat dan cepat. Namun, ketika ultrasonik mendeteksi rintangan, maka perintah dari android akan diabaikan sementara dan laju mobile robot mengikuti perintah kemudi dari hasil pembacaan ultrasonik. Hasil dari 10 kali pengujian tanpa rintangan menunjukkan proses navigasi mobile robot mencapai tingkat keberhasilan 60% untuk radius target 5 meter, dan 70% untuk radius target 8 meter. Sedangkan pada pengujian navigasi dengan rintangan mencapai tingkat keberhasilan 50% untuk panjang rintangan 100 cm dengan radius target 5 meter dan 60% untuk panjang rintangan 50cm dengan radius target 8 meter

Full Text:

PDF

References

Safaat H, Nazarudin. “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”. Informatika, Bandung, 2012.

Pratama, Widianto. “Tutorial Androd Programing .pdf” http://greenbel.wordpress.com/, 2011

_____.,”Electronic Compass on GPS”., , Maret 2012

_____,”Android.location.Location”, , 2012.

_____,”SRF04 Ultrasonic Ranger”, , 2012.

Firdaus, Nurizal, “Rancang bangun sistem navigasi mobile robot berbasis device android”, Tugas Akhir, ITS 2012.

Aji ”Rancang bangun sistem navigasi mobile robot berbasis android menggunakan peta GPS dengan metode multi waypoint” Tugas Akhir, ITS 2013.

Ableson, Frank. “Tapping into Android’s Sensor” ,, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.