Pengembangan Kontrol Teleoperated Mobile Robot Menggunakan Jaringan WiFi

Djoko Purwanto, Ronny Mardiyanto, Diah Kusumawati

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah pengembangan sistem mobile robot yang dapat dikontrol secara manual oleh pengguna dengan menggunakan jaringan wifi. Sistem kendali jarak jauh dalam sistem ini digunakan agar pengguna dapat mengontrol pergerakan mobile robot sesuai dengan kebutuhannya. Secara garis besar, sistem dibagi menjadi dua bagian besar yaitu bagian server dan client. Bagian server terdiri dari program untuk komunikasi data dengan client dan perangkat keras yang terdiri dari pembuatan mekanik mobile robot dan rangkaian driver motor. Sedangkan client adalah program untuk komunikasi data dengan server yang mengirimkan perintah gerak mobile robot. Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi peforma sistem. Faktor tersebut adalah spesifikasi jaringan wifi yang digunakan meliputi lebarnya bandwidth yang disediakan dan kestabilan jaringan wifi. Kestabilan jaringan wifi yang dimaksud disini adalah tidak adanya koneksi yang terputus (request timed out) pada saat komunikasi data sedang berlangsung. Penerapan sistem dapat memberikan hasil yang optimal jika jaringan wifi yang digunakan stabil dan bandwidth yang tersedia memenuhi kebutuhan sistem. Sistem yang dirancang dalam penelitian ini merupakan inisiasi dari sistem tele-helper-robot yaitu mobile robot yang diharapkan dapat membantu peran perawat di rumah sakit.

References

Shibata, Takanori. “An Overview of Human Interactive Robots for Psychological Enrichment”, Proceedings of the IEEE, 2004

Hyun Keun Park, Hyun Seok Hong, Han Jo Kwon, Myung Jin Chung,” A Nursing Robot System fot The Elderly People”.

RIKEN (The Institute of Physical and Chemical Research), "Realization of Transfer Operations by Nursing-care AssistantRobot, RIBA", 27 Agustus 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.