Sistem Pemberi Makan Ikan Bandeng Yang Lebih Cepat Menggunakan Quadcopter

Ronny Mardiyanto, Rudy Dikairono, Armand Dvi Parama

Abstract

Pada penelitian ini kami membuat system pemberi makan ikan otomatis menggunakan quadcopter untuk membantu pembudidaya ikan bandeng. Permsalahan yang terjadi pada system pemberi makan ikan secara manual adalah diperlukan waktu yang lama dan tenaga yang besar karena area tambak ikan bandeng sangatlah luas. Pada penelitian ini kami merancang dan membuat system pemberi makan ikan melalui jalur udara dengan menggunakan quadcpter. Kami memodifikasi quadcopter dengan menambahkan mikrokontroler dan mekanik tempat pakan ikan dan mengintegrasikan ke system otomatis quadcopter. Sistem yang telah kami buat telah diujikan dikondisi sebenarnya dan didapatkan hasil ketepatan system dalam melepaskan makanan ikan ke waypoint yang telah ditentukan rata rata 96.78%. Dengan mengimplementasikan system ini maka proses pemberian makan ikan menjadi lebih cepat dan hasil keuntungan para pembudidaya ikan semakin besar.

Full Text:

PDF

References

Hoffman, G.M and Waslander, S.L., Quadrotor Helicopter Trajectory Tracking Control, AIAA Guidance, Navigation and Control Conference and Exhibit, 18-21 2008 August, Honolulu, Hawaii.

M. Kemper,”Development of an Indoor Attitude Control and Indoor Navigation System for 4-Rotor-Micro-Helicopter”, Dissertation, University of Oldenburg, Germany, 2 February 2007

Kuanming Wu, “CAN bus theory and application design”, Beijing University of Aeronautics and Astronautics Press, 1996

Philip Connolly, Vic Smeed,”Radio Control Model Boats”,Model and Allied Publications, pp. 93–94, 1970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.