Penerapan Algoritma K-MeansDengan Optimasi Jumlah Cluster Untuk Pengelompokan Angkatan Kerja Propinsi Jatim

Endik Kuswantoro, Yoyon Kusnendar Suprapto

Abstract

This Jumlah angkatan kerja di Indonesia terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Semakin besar jumlah penduduk maka angkatan kerja jadi semakin besar. Hal itu dapat menjadi beban tersendiri bagi perekonomian. Karena jika meningkatnya angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan bertambahnya lapangan kerja akan menyebabkan masalah pengangguran. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kesejahteraannya menurun. Oleh karena itu permasalahan penganggguran juga tidak terlepas dari bagian jumlah angkatan kerja, Pada Propinsi Jawa Timurjuga mengalami permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini akan bertujuan untuk mendapatkan PengelompokanAngkatan kerja pada wilayah propinsi Jawa timur dengan menggunakan algoritma K-Means, dengan pemodelan tersebut akan menghasilkan tingkat penganggurannya dari hasil masing – masing cluster yang dihasillkan, dan persebaran kelompok – kelompok tenaga kerja di pedesaan dan perkotaan ,sehingga bisa memberikan informasi kebutuhan tenaga kerja apa saja yang ada di propinsi Jawa Timur.setelah dilakukan pengklasteran maka hasil yang didapat akan di visualisasi ke dalam grafik chart. Dari proses pengelompokan dengan algoritma K-Means dari jumlah sample sebanyak 17.576 sample rumah tanggadidapat 2 (Dua) kluster yang optimal yang mampu mewakili analisa data yaitu kluster 1 memiliki jumlah anggota kluster paling banyak dan mempunyai karakteristik pengangguran sebanyak 7.936 rumah tangga sample terdiri dari 2.982 sample data tergolong pengangguran setengah dan pekerja paruh waktu sisanya sebesar 4.954 tergolong pekerja aktif diprosentasekan cluster 1 sebanyak 92,59 %. Kluster 2 (dua) kluaster yang mempunyai karakteristik pengangguran Terbuka sebanyak 730 rumah tangga atau sebanyak 8,42 % dari jumlah rumah tangga sample, faktor paling banyak penyebab pengangguran terbuka ialah merasa putus asa dalam memperoleh pekerjaan bisa dikarenakan cacat fisik atau lainnya.

Full Text:

PDF

References

Prasetyo, Eko, "Data Mining Mengolah Data menjadi Informasi dengan Matlab," Andi-Yogyakarta, 2009.

Febti Eka Pratiwi, Ismaini Zain, "klasifikasi pengangguran terbuka menggunakan CART (Classification and regression tree)di propinsi Sulawesi Utara," JURNAL SAINS DAN SENI POMITS Vol. 3, No.1, 2014.

Andayani, Sri., 2007, Pembentukan Cluster dalam Knowledge Discovery dengan Algoritma K-Means, Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.

Oyelade, Oladipupo, Obagbuwa, 2010, Application of K-Menas Clustering Algorithm for Prediction of Students’ Acaddemic Performance, International Journal of Computer Science and Information Security, Volume 7

Suryana. 2000. Ekonomi Pembangunan Problematika dan Pendekatan, Bandung: Salemba Empat

Widodo, S T. 1990, Indikator Ekonomi, Yogyakarta: Kanisius.

Sistem Informasi Rujukan Statistik. 2011. Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) [Online]. Avaible : diakses tanggal 17 Januari 2016.

Oscar, Johan Ong, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering untuk menentukan Strategi Marketing President University”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12 No.1, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.