Implementasi Ground Plane Berstruktur Periodik untuk Memperlebar Bandwidth pada Antena Rectangular Patch

Eko Setijadi, Puji Handayani, Prima Dian Permatasari

Abstract

Antena rectangular patch merupakan salah satu tipe antena mikrostrip yang sederhana dan banyak digunakan dalam aplikasi sistem telekomunikasi. Kelebihan dari antena tipe ini adalah low profile (sederhana, kompak, ringan, dan mudah difabrikasi). Akan tetapi kelemahannya adalah yang sempit dan gain yang kecil. Sedangkan tuntutan untuk sistem komunikasi digital dan radar semakin kini semakin menuntut antena yang mempunyai kemampuan wideband. Dalam penelitian ini berfokus pada usaha memperlebar bandwidth pada antena rectangular patch. Ground plane yang didesain berstruktur periodik yang diimplementasikan pada antena rectangular patch merubah sifat kelistrikan dari substrate. Simulasi dan pengukuran dilakukan pada antena tanpa dan dengan ground plane berstruktur periodik. Pada hasil pengukuran menunjukkan bahwa ada pelebaran bandwidth sampai 6 kali.

Full Text:

PDF

References

Saunders, S. R., “Antena and Peopagation for wireless Communication Systems”, England: JohnWiley & Sons Ltd., 2007.

Balanis, C. A., “Antena Theory Analysis and Design”, 3rd Edition, Canada: John Wiley & Sons, Inc. 2005.

Kumar, G., “Broadband Microstrip Antenas”, Boston: Artech House, 2003.

Su, H L., dan Ho, Wen-Po., “Compact metamaterial-inspired broadbandmonopole antena for WLAN/WiMAX applications”, Antenas andPropagation (ISAP), International Symposium on Publication 2012,Page(s): 588 – 591.

Ziolkowski, R, W. Design, “Fabrication, and Testing of Double Negative Metamaterials,” IEEE Transaction on Antenas and Propagation, Vol. 51,No. 7, July 2003.

Fang, D., “Antena Theory and Microstrip Antenas”, United States of America: Taylor and Francis Group, LLC., 2010.

Garg, R., “Microstrip Antena Design Handbook”, Boston: Artech House, 2001.

Caloz, C., “Electromagnetic Metamaterial: Transmission Line Theory and Microwave Application”, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2006.

Stutzman, W. L., “Antena Theory and Design”, 3rd Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc, 2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.