Sinkronisasi Kamera Virtual Cerdas Dengan Autonomous Leveling Dinamis Pada Permainan Turn-Based Strategy

Sukirman Sukirman, Christyowidiasmoro Christyowidiasmoro, Mochamad Hariadi

Abstract

Kamera virtual merupakan bagian utama pada sebuah permainan yang mampu menampilkan obyek dan peristiwa dalam lingkungan virtual. Permasalahannya adalah
ketika sedang dimainkan, kamera tidak mampu menampilkan peristiwa penting yang terjadi didalamnya. Untuk itu, perlu sinkronisasi antara teknik pengaturan kamera dengan peristiwa penting tersebut. Dalam penelitian ini, untuk menciptakan sinkronisasi antara teknik pengaturan kamera virtual dengan peristiwa penting yang terjadi dalam permainan dilakukan menggunakan Behavior Tree. Penelitian dilakukan pada permainan Turn-Based Strategy (TBS) yang memiliki sistem autonomous leveling dinamis, yaitu sistem peningkatan level permainan tidak selalu sama dari level satu ke level berikutnya.
Kategori peristiwa penting dalam permainan TBS ini antara lain peristiwa saat permainan dimulai, pemain mendapat giliran, pemain membidik lawan, pemain menyerang, terjadi benturan dan nilai health point (HP) dalam kondisi habis. Dan teknik pengaturan kamera tersebut antara lain teknik moving, zooming, focusing, chasing, dan shaking. Dari hasil percobaan melalui kuisioner yang telah didistribusikan, responden menyatakan bahwa teknik pengaturan kamera virtual dengan peristiwa saat permainan dimulai adalah 100% sinkron, saat pemain mendapat giliran 96% sinkron, saat pemain membidik lawan 83% sinkron, saat pemain menyerang 86% sinkron, saat terjadi benturan antar pemain 100% sinkron, dan saat nilai HP pemain habis 93% menyatakan sinkron.

Full Text:

PDF

References

Daniel Markowitz, Joseph T. Kider Jr., Alexander Shoulson, and Norman I. Badler, "Intelligent Camera Control Using Behavior Trees", Department of Computer and Information Science University of Pennsylvania Philadelphia, PA 19104-6389, USA, 2011

Ian Millington and John Funge, “Artificial Intelligence For Games”, second edition copyright @ 2009 by Elsevier Inc.

M. Bergsma and P. Spronck, “Adaptive intelligence for turn-based

strategy games” inProc. Belgian-Dutch Artif. Intell. Conf., 2008, pp.17–

Marc Christie, Patrick Olivier, dan Jean-Marie Normand, “Camera Control in Computer Graphics”, IRISA/INRIA Rennes Bretagne Atlantique, Campus de Beaulieu, 35042, Rennes Cedex, France.

Wikipedia - the free encyclopedia, "Draughts", 2013 http://en.wikipedia.org/wiki/Draughts (diakses 15 April 2013).

Muhammad Habibie, “Artificial Intelligence pada Game”, 2013, http://blog-habibie.blogspot.com/2012/05/artificial-intelligence-padagame.

html (diakses pada 25 April 2013)

William John Teahan, “Artificial Intelligence – Agents and Environments”, William John Teahan & Ventus Publishing ApS, 2010.

Marc Christie, Roberto Ranon, Paolo Burelli, Tommaso Urli, dan Christophe Lino, "A Website About Camera Control", http://cameracontrol.org/blog/, (diakses 30 April 2013)

M. Christie, P. Olivier, dan J-M. Normand, "Camera Control in Computer Graphics", Comput. Graph. Forum, vol. 27, iss. 8, pp. 2197- 2218, 2008

William John Teahan, “Artificial Intelligence 1 - Agent Behavior”,

William John Teahan & Ventus Publishing Ap, 2010.

Steven Mark Drucker, “Intelligent Camera Control for Graphical Environments”, n partial fulfullment of the requirements for the degree of Doctor of Philosophy at the Massachusetts Institute of Technology, June 1994.

Steven Mark Drucker, “Intelligent Camera Control in a Virtual Environment”, Cambridge, MA. 02139, USA.

PES PATCH, “PES 2010 Cam Carpet Ads full pack by foreveryp@wecn”, 2013, http://www.pespatchs.com/2009/11/pes-2010- cam-carpet-ads-full-pack-by.html (diakses pada 3 Juli 2013).M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.