Pengaturan Posisi Motor Sinkron Linear Magnet Permanen pada Elevator Linear dengan Sliding Mode Controller

Anindya Devi, Mochammad Rameli, Rusdhianto Effendi

Abstract

Elevator linear telah menjadi alat transportasi vertikal yang sangat penting pada banyak gedung bertingkat. Elevator jenis ini menggunakan penggerak berupa motor sinkron linear magnet permanen. Permasalahan dalam sebuah elevator linear terjadi saat magnet yang terdapat pada kereta elevator akan masuk atau keluar dari sebuah lilitan stator. Proses ini menimbulkan terjadinya gaya tarik ke arah yang berlawanan sebelum menuju arah yang dituju. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pengguna elevator. Oleh karena itu, pengendalian posisi dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Pada penelitian ini digunakan pengendali sliding mode untuk melakukan pengendalian posisi pada elevator linear. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengendali yang diusulkan memiliki performa

Full Text:

PDF

References

Takahashi, N., Yamada, T. and Miyagi, D., “Basic Sudy of Optimal

Design of Linear Motor for Rope-less Eevator”, IET 7th International

Conference on Computation in Electromagnetics, 2008; page 202-203.

Jikai Si, Xudong Wang, Hao Chen, Shiying Yuan and Liucheng Jiao,

“Analysis of Detent Force in a Discontinuous Primary Type Permanent

Magnet Linear Synchronous Motor”, 11th International Conference on

Electrical Machines and Systems, 2008; page 873.

Xudong Wang, Zan Zhang, Xiaozhuo Xu and Yinghua Cui, “Influence of Using Conditions on The Performance of PM Linear Synchronous Motor for Ropeless Elevator”, International Conference on Electrical Machines and Systems (ICEMS), 2011; page 1-5.

Qing Hu, Hongxia Li, Hiayan Yu, Guoqing Chang, “Reference Model Sliding Model Velocity Control for Linear Elevator Using Permanent Magnet Linear Synchronous Motor”, Chinese Control and Decision Conference (CCDC), 2009; page 5374-5377.

Fallahi, M. and Azadi, S., “Fuzzy PID Sliding Mode Controller Design for The Position Control of a DC Motor”, International Conference on Education Technology and Computer, 2009; page 73-77.

Utkin,V.I, “Sliding mode control design principles and applications to electric drives,” IEEE Trans. vol.40, 1993; page 23-26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.